PROPOSAL USAHA
“DISTRO USRO”
Disusun Oleh :
Nama :
Fajri Isro Q.R.
Program Keahlian :
Teknik Industri
Kelas :
4 ID 06
NPM :
32411658
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNOLOGI
INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
BEKASI
2015
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Semakin
berkembangnya kebutuhan masyarakat dalam bidang fashion, kami berinisiatif
untuk membuka suatu usaha distro yang up
to date dan mengerti akan kebutuhan kalangan generasi muda.
Daerah
sekitar Perumahan menurut kami sangat tepat untuk membuka usaha distro, karena
hingga saat ini belum ada tempat yang memberi pelayanan Untuk memenuhi kebutuhan
msyarakat dalam bidang fashion.
Distro
Usro didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam bidang fashion
yang up to date tanpa melupakan corak & cirri khas Indonesia, sehingga akan
menciptakan pertumbuhan bisnis yang berkesinambungan.
1.2 Visi, Misi
dan motto
Visi : Menjadi Distro Terbaik Diseluruh segmen
dan Wilayah
Misi : Memberikan kepuasan kepada pelanggan
Mencapai dan mempertahankan market share di bidang fashion
Menciptakan pertumbuhan bisnis yang
berkesinambungan
Motto : Kepuasan Pelanggan adalah modal kami
BAB II
KEGIATAN USAHA
2.1 Konsep
Promosi
Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan
mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur
promosi. Selain itu, kami juga melayani penjualan secara online di internet
agar bisa dijangkau oleh masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau
pun bisnis online. Selain itu kami juga memberikan harga diskon untuk pembelian
dalam jumlah tertentu dengan model yang berbeda. Harga yang kami rencanakan
untuk ditawarkan kepada pelanggan adalah harga yang bersaing.
Kami
optimis dengan cara tersebut usaha distro Usro akan lebih mudah dan cepat
dikenal oleh masyarakat. Dengan cepatnya dikenal maka akan cepat bertumbuh
pesat distro Usro.
2.2 Target
Pelanggan
Untuk Saat ini target pelanggan
Distro usro adalah kalangan anak muda baik itu pria maupun wanita. Mereka
adalah pengguna pakaian distro yang memiliki ciri khas tertentu dan selalu up
to date.
Kedepanya kami berencana untuk
melebarkan sayap distro usro ke segmen masyarakat dewasa seperti pakaian
formal, pakaian batik, dan sebagainya.
2.3 Perspektif
Masa Depan Usaha
Dengan
terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan fashion dengan
lokasi yang strategis dan strategi bisnis yang baik, maka kami yakin usaha ini
akan berkembang. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan
masyarakat saat ini sangat besar dan tidak pernah mati karena pakaian adalah
kebutuhan primer yang wajib dipenuhi untuk saat ini.
2.4 Analisis
Persaingan
Berdasarkan hasil survey dari tim kami bahwa di
sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha distro ini belum terdapat sebuah
tempat pakaian dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan, sehingga usaha
distro usro ini berpotensi untuk semakin berkembang.
2.5 Segmen
Pasar yang Akan Dimasuki
Segmen pasar yang akan di bidik
adalah pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau
dan tidak menyulitkan, karena sesuai dengan mayoritas perekonomian masyarakat adalah
mengah kebawah. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana
kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan
layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Selain kembali belanja lagi
adanya kemungkinan pelanggan tersebut akan menceritakan hal tersebut kepada
rekan-rekanya yang lain.
Pada
awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari distro ,akan tetapi
dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan distrountuk memenuhi
kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan
pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
BAB III
RENCANA PEMASARAN
3.1 Penetapan Harga
Harga yang akan ditetapkan adalah harga yang dapat dijangkau
oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya
kami tetapkan sebagai harga awal. Berikut ini adalah tabel harga jual produk
yang ditawarkan.
No.
|
Jenis Produk
|
Harga
|
1
|
Kemeja
|
Rp. 65.000
|
2
|
Kaos
|
Rp. 85.000
|
3
|
Jeans
|
Rp. 130.000
|
4
|
Kerudung
|
Rp. 35.000
|
5
|
Jaket
|
Rp. 150.000
|
3.2 Strategi
Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu
distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk
sebanyak banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam
penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak mungkin.
3.3 Strategi
Promosi
Strategi promosi yang kami akan
lakukan adalah sebagai berikut:
1.
Membuat pamflet
dan di tempel di tempat umum
2.
Memasang iklan di
internet
3.
Menawarkan produk
via jejaring sosial maupun chating
4.
Membuat e-catalog produk
kami yang selalu update
BAB IV
PERENCANAAN MODAL
4.1 Sumber
Permodalan
Sumber modal usaha distro Usro berasal dari modal
sendiri tanpa ppinjaman dari manapun. Sebagai investasinya maka didirikanlah
sebuah distro Usro
4.2 Proyeksi
Aliran Kas
Untuk distro kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30%
dari penghasilan. Rata-rata distro kami mampu menjual sekitar 950 lebih juta
pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 250 –
300 juta pertahun. Sehingga pada tahun kedua kami sudah bisa balik modal. Dan
tahun ke 3, 4 dan seterusnya, tinggal mengumpulkan untung yang akan digunakan ekspansi
ke luar daerah.
BAB V
PENUTUP
Harapan
saya untuk usaha “Distro Usro” ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang
dan maju. Setelah melaksanakan usaha ini, kami dapat mengambil kesimpulan :
1.
Seorang pengusaha
harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk kepentingan
orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
2.
Sebelum membuka
usaha, seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen tujuan dan sasaran
yang akan dituju.
No comments:
Post a Comment