Monday, October 29, 2012

PERAN PEMUDA SEBAGAI SOLUSI PERMASALAHAN DI INDONESIA



PERAN PEMUDA SEBAGAI SOLUSI PERMASALAHAN DI INDONESIA 
“PEMUDA, AGEN PERUBAHAN MASA DEPAN BANGSA”

Pemuda merupakan harapan suatu bangsa. Masa depan bangsa ada dipundak mereka. Mereka adalah generasi penerus yang menentukan nasib bangsa di masa depan. Namun lihatlah di sekitar kita sekarang. Banyak pemuda yang merana. Kehilangan gairah. Ada yang tak sadar merusak diri dan masa depannya. Bahkan ada yang rela menjadi sampah bagi masyarakat. Hidup dalam kerasnya kehidupan dan keremangan malam.
Dengan berbagai peluang yang tersedia untuk melakukan perubahan, haruskah kita masih bertumpah darah untuk mewujudkan perubahan di Indonesia? Apa yang kita inginkan adalah hal yang lebih baik, bukan melakukan hal yang sama tanpa ada perbaikan itu sendiri. Hasil dari tidak adanya perubahan lebih baik adalah kerugian. Celakanya lagi jika apa yang kita lakukan membawa dampak lebih buruk.
Maka dari itu, kini pemuda memiliki kesempatan dan lapangan masing-masing dalam melakukan perubahan. Lakukanlah hal yang kecil, namun memberikan dampak besar terhadap perubahan yang lebih baik! Banyak pemuda melakukan aksi mereka, baik yang telah terekspos hingga dapat menggaet penghargaan-penghargaan, maupun yang bekerja dibalik rimba hutan yang terpinggirkan dari perkotaan tapi dampak mereka dirasakan khalayak ramai.
Seringkali kita selalu meyalahkan dan terpaku pada pemerintah jika ada permasalahan dalam negeri. Sadarilah, bukan hanya pemerintah yang wajib menanggung segudang masalah di Indonesia. Semua rakyat Indonesia berkewajiban untuk saling bahu-membahu. Merangkul sesama. Kita dilahirkan bukan untuk menyejahterahkan , menenteramkan diri sendiri. Tapi juga untuk sesama.
Marilah kita saling rangkul merangkul, dimana pun , siapapun, dan berapapun. Intinya , kita peduli dan nyata menolong. Mulailah semua dari diri kita sendiri. Jangan selalu menunggu orang lain, apalagi hanya bisa menyalahkan orang lain. Jangan menunggu peran pemerintah. Jadikan kita lah sebagai aktor perubahan.


 Opini :
Pemuda adalah orang-orang yang akan mengambil alih negara ini di masa depan. Mereka harus membuka mata mereka bahwa perbedaan tidak harus menjadi penghalang untuk membuat perdamaian di dunia ini. Ada sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa Pemuda adalah Agen of Change. Ini adalah nyata, karena pemuda adalah generasi yang bisa membawa bangsa ini ke kondisi yang lebih baik, dalam setiap aspek. Sebagai bagian dari generasi muda, membuat perubahan dalam cara berpikir kita adalah semacam kewajiban. Kami harus mengatur pikiran kita bahwa ada manfaat banyak jika kita bisa menerima dan menghargai perbedaan di antara kita.
Mengambil bagian dalam salah satu LSM di komunitas kami hanya satu cara juta untuk menjadi agen perubahan aku mengambilnya sebagai contoh karena itu adalah sesuatu yang sederhana dan layak untuk dilakukan.. Kami selalu bisa mulai dari sesuatu yang kecil untuk mendapatkan suntikan besar.

No comments:

Post a Comment